Cara Membuat Blog Sampai Jadi

Cara Membuat Blog Sampai Jadi - Halo sobat blogger. Kebanyakan dari blogger-blogger pemula tentunya masih bingung bagaimana cara melanjutkan aktivitas pada blognya karena pelajaran yang mereka dapat kebanyakan adalah Cara Membuat Blog (Saja). Nah mungkin disini saya akan memberikan jawabannya kepada Anda tentang apa yang harus Anda lakukan untuk blog Anda kedepannya.

Mau Ngapain Setelah Bikin Blog?
Mau Ngapain Setelah Bikin Blog?


Cara Membuat Blog

  1. Buka blogger.com
  2. Pilih nama blog
  3. Pilih template blog
  4. Bikin postingan
  5. Sudah jadi.
Siapa yang gak tau itu? Terus habis itu harus ngapain? BLOG SAYA MASIH SEPI BRO!!

Langkah Selanjutnya Sesudah Membuat Blog

Disini saya akan menjelaskan atau lebih tepatnya membantu Anda dalam menyelesaikan blog Anda. Karena menurut saya cara diatas belum bisa dikatakan sebagai cara membuat blog. Lalu bagaimanakah caranya? Langsung aja sob.

1. Bikin Satu Artikel Percobaan

Ini cara pribadi saya ya sob, jadi jangan salahkan saya jika berbeda dari google, karena artikel yang saya buat ini murni 100% dari otak saya. Baiklah, yang pertama adalah Anda harus membuat 1 artikel percobaan yang benar-benar lengkap dan rapi. Maksud saya adalah artikel tersebut mengandung Bold, italic, gambar, dan juga harus sudah menggunakan justify (rata kanan kiri).

Terus buat apa artikel seperti itu?. Itu untuk mengganti template kalian (baca no.2), artikel percobaan bertujuan agar Anda dapat menyesuaikan template yang cocok untuk Anda dan tentunya baik untuk google maupun visitor.

Bingung gimana cara bikin artikel percobaan? Coba saja lihat artikel percobaan milik saya. https://niddul.blogspot.co.id/2017/07/number-one-post.html.

2. Ganti Template Yang Lebih Baik

Bisa saya bilang template bawaan blogger.com itu berat, dan jika berat maka itu kurang baik untuk blog Anda, maka dari itu saya menyarankan untuk menggantinya dengan template lain.

Alasan lain adalah jika kalian menggunakan template buatan orang Indonesia blog Anda akan terasa lebih ringan, karena seperti yang Anda ketahui internet di Indonesia ini sangat lelet, dan dari situlah muncul-lah blogger-blogger Indonesia yang menciptakan template dengan kecepatan yang super cepat dan sangat ringan. Template yang ringan bisa saya bilang salah satu hal penting untuk masa depan blog Anda.

Note : Cintailah karya orang Indonesia dengan cara menggunakan template buatan orang Indonesia. Hargailah karya orang Indonesia dengan tidak mengganti credit link pada template buatannya.

Tapi jangan lupa, pilih template yang SEO Friendly dan juga yang membuat orang nyaman membaca artikel Anda, jadi ga cuma fast load aja ya sob. SEO Friendly apaan ya? tenang, nanti juga tau sendiri kok. hahaha.

3. Bikin Artikel Inti

Setelah artikel percobaan cocok dengan templatenya dan bisa saya bilang sudah jodoh, langkah selanjutnya adalah membuat artikel inti. Silakan Anda bikin artikel yang menarik dan tentunya rapi seperti artikel percobaan sebelumnya. Ingat, JANGAN COPAS!, tapi saya bukan bilang tidak boleh lihat google ya.
Note : Jadikan google sebagai sumber inspirasimu, bukan tempatmu mencuri tulisan orang.
Untuk membuat artikel yang bagus nanti akan saya share di artikel saya yang selanjutnya.

4. Hilangkan Yang Tidak Perlu

Awal ngeblog mungkin Anda ingin menunjukkan bahwa blog Anda adalah yang terlengkap, terimut dan terlucu. Pasang ini itu dimana-mana agar orang tau blog Anda punya segalanya. Ini beberapa list sesuatu yang tidak berguna yang saya sarankan untuk dihapus :
  1. Kursor dimodifikasi (apapun itu)
  2. Widget gak penting (jam, ikan, penguin, CCTV, dll)
  3. Musik
  4. Apapun itu Anda pasti tau sendiri
Kenapa saya suruh hapus? yang pertama adalah mempengaruhi kecepatan loading blog, blog Anda akan terasa berat dan semakin berat tergantung banyaknya widget yang Anda gunakan. Yang kedua adalah bisa membuat pengunjung risih, coba bayangkan Anda mengunjungi suatu blog di google, lalu blog tersebut mengandung beberapa yang saya sebutkan diatas, risih kan? Pasti!!. Apalagi untuk musik sob, saya sangat menyarankan jangan memasangnya, karena musik yang Anda pasang tidak semua orang menyukainya, apalagi autoplay. Jujur saja, jika saya mengunjungi blog yang ada musiknya langsung saya close, buang-buang kuota saya aja itu blog.

Selengkapnya Anda bisa membaca Kebodohan Seorang Blogger Pemula.

5. Isi Link Yang Ada Di Blog Anda

Link yang mana ya? Jika blog Anda memiliki bagian Navigasi atau beberapa Icon seperti icon facebook, twitter, dll. Silakan Anda mengisi link tersebut sesuai dengan data-data yang sesuai dengan blog Anda. Navigasi itu yang mana? Itu lho yang ada di bagian atas blog Anda.

Cara ngisinya gimana? Cara simpelnya, masuk ke pengaturan template, klik CTRL+F, ketik salah satu kata yang ada pada navigasi blog Anda, misalnya "Menu 1" lalu enter. Setelah ketemu, tinggal diganti sesuai kebutuhan blog Anda dan jangan lupa kasih link ya sob.

Cara lengkapnya akan saya update di artikel selanjutnya.


Mungkin sampai disini dulu artikel tentang Cara Membuat Blog Sampai Jadi. Untuk yang masih bertanya, Kalo sudah ngelakuin cara diatas blog bakal bisa rame? Maka saya jawab, jika Anda melakukan cara diatas maka blog Anda akan selangkah menuju Rame.Oke, semoga Anda paham apa yang saya sampaikan diatas. Semoga berkenan, sekian terimakasih.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Membuat Blog Sampai Jadi"

Silakan memberi masukan dengan bahasa yang baik dan sopan.