Kebodohan Seorang Blogger Pemula

Kebodohan Seorang Blogger Pemula - Halo sobat blogger. Pada artikel sebelumnya saya telah menyinggung sedikit masalah yang dialami blogger pemula yaitu dengan memasang hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan untuk blog-nya. Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan membahas secara keseluruhan hal-hal yang tidak perlu dilakukan seorang blogger.

Kebodohan Seorang Blogger Pemula
Kebodohan Seorang Blogger Pemula

Mengapa artikel kali ini saya beri judul "Kebodohan Seorang Blogger Pemula"? Karena hanya blogger-blogger pemula-lah yang melakukan sesuatu yang tidak penting ini. Maka dari itu saya akan mengajak Anda untuk terhindar dari kekeliruan seorang pemula dan membuat blog Anda menjadi lebih baik lagi tentunya.

Oke, langsung saja. Saya akan menjelaskan dampak buruk sekaligus apa yang mengakibatkan itu terjadi.

1. Pemberat Blog

Sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa blog yang berat kurang disukai google, sebenarnya tidak hanya google, visitor-pun kadang juga tidak suka. Anda pasti tau sendiri kan bagaimana rasanya ketika mengunjungi suatu blog yang loadingnya sangat lama, tidak enak bukan? Memang tidak enak.

Lalu apa penyebabnya? Penyebabnya bisa berupa widget yang tidak penting seperti jam, penguin, ikan, kursor modifikasi, dan yang paling saya benci adalah musik.

2. Pengganggu Visitor

Visitor blog atau pembaca blog Anda bisa dibilang SANGAT-lah butuh ketenangan agar dapat berkonsentrasi pada artikel Anda. Maka dari itu penataan blog sangatlah penting. Memilih font untuk artikel juga penting. Namun yang terpenting adalah "Kesederhanaan".

Lalu apa saja yang menyebabkan visitor Anda terganggu? Penyebabnya mungkin sama seperti sebelumnya yaitu kursor modifikasi, musik, dan widget yang tidak penting lainnya. Tapi apakah Anda menyadari sesuatu? Banyak dari blogger pemula mengganti font pada blognya dengan yang tidak standar, mungkin agar blognya tampak lebih imut dan lucu namun ini salah, font sangat mempengaruhi kenyamanan pembaca.

Ada lagi contoh suatu hal yang dapat mengganggu pembaca, yaitu widget pop-up. Pop-up merupakan sesuatu yang muncul secara otomatis pada saat tertentu. Pop-up dapat berupa iklan, like facebook, share artikel, dan lain-lain sebagainya. Dan yang paling parah adalah ; "Klik like atau tunggu 30 detik", inilah yang bisa saya katakan paling parah karena seorang pembaca dipaksa untuk meng-like fanspage facebook seorang blogger tersebut. Bukan malah dapat like, yang ada blog kalian di close!.

3. Serakah Backlink

Backlink itu apa, kan saya masih pemula? Backlink merupakan sebuah link balik. Sebagai contoh jika saya menaruh link blog Anda pada artikel saya, maka bisa dikatakan blog Anda mendapatkan backlink dari blog saya.

Serakah backlink. Biasanya blogger yang baru mengerti kalau backlink itu bisa meningkatkan kualitas blog, maka mereka langsung buru-buru mencari backlink sebanyak mungkin dari blog lain. Biasanya mereka mencari dengan cara auto generate backlink.

Lalu apakah keburukannya? Backlink yang tidak wajar atau didapatkan dengan instan justru dapat menjatuhkan blog Anda, apalagi jika bukan backlink yang berkualitas (backlink dari web/blog terkenal). Jika Anda mendapat 1000 backlink abal-abal, itu tidak lebih baik dari 1 backlink berkualitas. Backlink yang berkualitas seperti apa contohnya? Backlink dari Facebook, kaskus, wikipedia, dll.

Kesalahan yang pernah saya lakukan dulu adalah Tukar Link. Apakah sekarang masih ada hal tersebut saya juga tidak tau. Apa itu tukar link? Jadi kita membuat satu artikel/laman yang isinya hanyalah link-link blog lain yang ingin bertukar link dengan blog kita. Mengapa tukar link buruk? Karena yang  Anda dapat bukan backlink berkualitas. Jika pada suatu artikel/laman hanya memiliki link saja dan itu banyak sekali, itu bisa dianggap spam oleh google, dan blog Anda bisa di cap sebagai blog sampah dan bisa-bisa terkena penalty dari google.

Jadi masih mau spam backlink?

4. Iklan Untuk Hantu

Perlu untuk saya bilang di awal bahwa hanya sebagian orang yang melakukan hal ini, jika Anda tidak termasuk maka bersyukur-lah. Banyak dari kita seorang blogger mungkin ingin buru-buru menghasilkan uang dari blognya, mencoba mendaftar GA (Google Adsense) tapi tidak pernah diterima dan gagal terus dikarenakan blog masih baru. Gara-gara tidak diterima GA, langsung tanpa pikir panjang mencari alternatifnya, pasang iklan di blog dari berbagai macam penyedia layanan iklan. Ngaku aja kalau pernah seperti ini!

Seperti no.2, iklan yang banyak sekali akan mengganggu visitor. Perlu Anda ketahui cara memasang iklan dengan melakukan spam iklan tidak akan menghasilkan uang dengan efektif. Anda lebih baik membuat banyak artikel yang bermanfaat guna memikat pengunjung terlebih dahulu, selanjutnya baru-lah Anda mulai memasang iklan, itupun harus iklan yang jelas dan sesuai konten Anda, karena iklan yang sesuai dengan konten blog sangat berpotensi menghasilkan uang karena memiliki topik yang sama.

5. Kurang Menghargai Karya Orang Lain

Siapa yang pernah copas artikel orang?! atau hanya mengganti beberapa katanya saja?. Sebaik-baiknya blogger adalah yang menghargai karya orang lain. Untuk blogger-blogger yang masih awam cenderung belum terbiasa memberikan sumber. Jadi mulai sekarang saya harap jika Anda mengambil bahan untuk dijadikan artikel dari blog orang lain, meski tulisannya tidak 100% Anda copas, setidaknya berilah sumber.

Artikel copas, template bikin sendiri juga? Ini kebiasaan blogger pemula. Kenapa saya bilang begini? karena dulu saya juga melakukannya hehehe. Dulu saya selalu mengganti credit link template yang saya pakai dengan nama saya sendiri. Buat yang belum tau apa itu credit link, itu lho yang ada di bagian bawah template blog kalian. Tapi untunglah saya sudah tau alasan untuk tidak mengganti apa yang bukan hak saya.


Mungkin itu saja dulu untuk artikel "Kebodohan Seorang Blogger Pemula". Jika ada tambahan maka akan saya update. Dan untuk Anda yang ingin membuat blog sampai jadi, Anda bisa mengunjungi artikel saya sebelumnya yaitu Cara Membuat Blog Sampai Jadi. Sekian terimakasih.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Kebodohan Seorang Blogger Pemula"

  1. Sebuah hal wajar bagi seorang newbie, dn merupakan bagian dari proses

    ReplyDelete
  2. Benar sekali apalagi menjadi blogger hanya terfokuskan memcari visitor "jijique". 😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Visit my blog freakpedia.blogspot.com

    ReplyDelete

Silakan memberi masukan dengan bahasa yang baik dan sopan.