Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Untuk Blogger Pemula

Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik - Halo sobat blogger. Setelah sebelumnya kita membahas artikel tentang beberapa kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula, sekarang kita akan membahas cara menulis artikel yang tentunya ditujukan untuk seorang blogger pemula.

Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Untuk Blogger Pemula
Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Untuk Blogger Pemula

Sebenarnya perlu saya sampaikan di awal bahwa cara seorang blogger dalam menulis artikel itu berbeda-beda. Jadi untuk masalah gaya penulisan dan gaya bahasa kita tidak akan membahasnya, itu bergantung pada masing-masing blogger. Baiklah langsung saja ke inti pembahasan.

1. Judul Yang Lengkap

Hal pertama kita mulai dari judul. Saya sarankan dalam memberi judul haruslah lengkap dan tidak setengah-setengah, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pengindeksan google pada artikel yang kita buat.

2. Artikel Yang Berkualitas

Untuk membuat artikelnya, Anda bisa mencari sumber inspirasi dari google. Namun ingat, jangan sampai copy/paste. Buatlah artikel dengan kata-kata yang unique langsung dari pikiran Anda sendiri. Pakailah bold, italic, subheading dan jangan lupa gunakan justify agar artikel terlihat lebih rapi.

Buatlah artikel yang lengkap agar di pandang baik oleh google, namun jangan lupakan kenyamanan pengunjung karena percuma kalau pageone tapi pengunjung tidak nyaman membacanya. Utamakan pengunjung ya sob.

3. Memberi Label

Memberi label pada artikel dapat mempermudah pengunjung mencari artikel yang mereka minati pada blog Anda. Selain itu, label juga merupakan salah satu kelengkapan sebuah artikel.

Pemberian Label Pada Artikel
Pemberian Label Pada Artikel

4. Mengatur Link

Kebanyakan dilewatkan oleh blogger, apalagi seorang pemula. Mengatur link sebuah artikel sangatlah penting, mengapa demikian? Karena link sangat berhubungan dengan judul artikel. Jika judul artikel lebih dari 6 kata, maka link otomatis hanya dapat mengikuti sampai 6 kata saja. Maka dari itu kita sebagai blogger harus mengatur linknya secara manual.

Sebagai contoh :
niddul.blogspot.com/2017/08/ini-adalah-contoh-mengatur-link-sebuah-artikel-pada-blog.html
ini contoh link yang diatur secara manual.

niddul.blogspot.com/2017/08/ini-adalah-contoh-mengatur-link-sebuah.html
ini contoh link yang tidak diatur(otomatis). Bagaimana, fatal bukan?

5. Memberikan Deskripsi Penelusuran

Untuk fitur ini, kalian harus mengaktifkannya dulu. Caranya pergi ke Setelan > Preferensi Penelusuran > Aktifkan Tag Meta Deskripsi. Setelah itu fitur ini akan muncul. Anda bisa mengisi deskripsi penelusuran sesuai dengan topik artikel Anda.

6. Kelengkapan Pada Gambar

Setiap artikel usahakan memiliki setidaknya paling sedikit 1 gambar. Setiap meng-upload gambar jangan lupa memberikan "title" dan "alt" ini berguna untuk memberitahukan kepada google, gambar apakah yang sedang kita upload karena google tidak bisa mengindeks gambar dari tampilan, maka diperlukanlah sebuah keterangan berupa tulisan untuk gambar tersebut. Caranya Anda bisa meng-klik gambarnya > Properties > Isi keterangan sesuai gambar Anda.

7. Baca Ulang Sebelum Melakukan Publikasi

Banyak orang melewatkan ini. Mengapa saya suruh baca ulang? Agar Anda dapat melakukan koreksi pada tulisan Anda, perbaiki typo atau salah ketik, perbaiki kata yang kurang enak dibaca, hilangkan kata yang tidak penting, dll. Jangan malas membaca dari awal sampai akhir. Baca pelan-pelan agar tidak ada yang terlewatkan.


Mungkin itu saja untuk Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Untuk Blogger Pemula. Jika ada yang perlu ditambahkan saya selaku admin akan meng-update artikel ini. Sekian terimakasih.

Source : Masterbama
Image : DevianArt

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menulis Artikel Blog Yang Baik Untuk Blogger Pemula"

Post a Comment

Silakan memberi masukan dengan bahasa yang baik dan sopan.