Hari Akhir Menurut Al-Qur'an

Hari Akhir Menurut Al-Qur'an - Artikel ini akan menjelaskan tentang hari akhir menurut kitab suci al-qur'an, yang diantaranya meliputi kiamat sugra atau kiamat kecil dan kiamat kubra atau kiamat besar.
Hari Akhir Menurut al-Qur'an
Hari Akhir Menurut al-Qur'an

Hari akhir atau hari Kiamat menurut al-Qur'an dapat dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.

a. Kiamat Sugra (Kecil)

Kiamat sugra adalah peristiwa datanya kematian bagi semua mahluk termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu. Firman Allah Swt. dalam Q.S Ali Imran/3:185:

Artinya: " Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu, barang siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan".

Sebelum terjadi hari kiamat, mereka yang telah mati mengalami proses awal kehidupan akhirat yang disebut alam barzakh (Q.S. Ar-Rum/30:55-56). Barzakh adalah alam yang menjadi batas antara alam dunia dan alam akhirat. Pada masa itu roh manusia sudah menyadari akan kebenaran janji Allah Swt. (Q.S. al-Mumin/40:45:46).

Peristiwa-peristiwa yang harus diimani yang akan terjadi sesudah mati antara lain sebagai berikut.

  1.  Fitnah kubu, yaitu beragam pertanyaan yang di ajukan kepada orang yang meninggal tentang Tuhannya, agamanya, nabinya, imannya, dan kiblatnya.
  2. Siksa dan nikmat kubur: siksa kubur diperuntukan bagi orang zalim, munafik, kafir, dan musyrik (Q.S. al-An'am/6:93, Q.S. al-Mu'min/40/46, Q.S. Fussilat/41:40, Q.S al-Ahqaf/46:83-89). "Nikmat kubur diperuntukan bagi orang yang baik amal ibadahnya di dunia" (Q.S. Ali Imran/3:169-170 dan Q.S. al-Baqarah/2:154).

b. Kiamat Kubra (Besar)

Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk dan leburnya alam semesta secara total dan serentak. Proses terjadinya hari kiamat tersebut dijelaskan oleh Allah Swt. dalam banyak ayat, diantaranya dalam Q,S. at-Takwir/81:1-3:

Artinya: "Apabila matahari digulung, apakah bintang-bintang berjatuhan, dan apabila gunung-gunung dihancurkan".

Dalam Q.S az-Zalzalah/99/1-5 dijelaskan peristiwa terjadinya kiamat dimulai dengan datangnya gempa yang sangat dahsyat. Dalam Q.S. al-Qari'ah/101:1-5 dijelaskan keadaan manusia bagaikan anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunung bagai bulu yang dihambur-hamburkan.

Berdasarkan ayat-ayat tersebut, peristiwa kiamat merupakan kejadian yang sangat hebat, yaitu tatkala Malaikat Israfil meniup sangkakala. Kemudian bumi diangkat, gunung-gunung dibenturkan dan terjadilah kerusakan hebat. Langit pecah bergeleran, benda-benda bumi pun bertebaran laksana kabut. Sementara manusia akan kacau balau kebingungan hanya Allah Swt. saja yang Maha Kekal.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hari Akhir Menurut Al-Qur'an"

Post a Comment

Silakan memberi masukan dengan bahasa yang baik dan sopan.